Gejala Awal Kehamilan yang Perlu Diketahui

alat tes kehamilan

Mengenali gejala awal kehamilan sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Sebab, hanya dengan melihatnya melalui perubahan tubuh, maka kita bisa mengetahui apakah sedang hamil ataupun tidak. Memang, perubahan yang muncul ini hampir mirip dengan saat datang bulan namun masih memiliki perbedaan. Untuk perubahannya sendiri biasanya terjadi pada bagian perut, pantat, dada, paha, dan lengan.

Selain perubahan yang sudah disebutkan di atas, masih banyak pertanda yang menunjukkan gejala awal dari kehamilan tersebut, adapun diantaranya adalah sebagai berikut. Check this out!

  1. Nafsu makan menjadi berkurang. Meningkatnya kadar hormon ketika hamil dapat menyebabkan ibu hamil tidak berselera untuk menyantap makanan, sekalipun makanan tersebut adalah makanan kesukaannya. Bahkan, parahnya lagi, saat hanya mencium bau makanan maka tidak sedikit ibu hamil mengalami mual dan muntah.
  2. Sering mengalami pusing. Saat menstruasi, terkadang kita tidak akan mengalami pusing terlalu sering, kan? Akan tetapi, berbeda dengan saat awal kehamilan, di tahap ini calon ibu hamil biasanya akan sering merasakan pusing berlebih. Umumnya, kondisi ini terjadi akibat dari menyempitnya pembuluh darah serta turunnya tekanan darah.
  3. Terjadi perubahan suasana hati. Di tahap awal kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan terhadap suasana hatinya. Munculnya kondisi ini karena terjadi perubahan hormone, sehingga mengakibatkan ibu hamil tersebut sering marah, sedih, sensitif, dan sebagainya.
  4. Keluar bercak darah dari dalam vagina. Melansir dari situs alodokter, kadangkala kehamilan bisa ditandai dengan keluarnya bercak darah dari vagina. Ini terjadi karena sel telur yang bercampur dengan sperma sudah dibuahi di rahim. Namun, darah yang keluar tidaklah sebanyak ketika menstruasi.
  5. Diserang sembelit yang mengakibatkan sakit di bagian perut. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat menimbulkan sembelit, ini disebabkan karena kinerja dari sistem pencernaan semakin melambat dari biasanya. Untuk itu, ketika ini terjadi sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung serat cukup tinggi, sehingga dapat membantu sembelit tersebut.
  6. Selalu mual dan muntah. Ini mungkin pertanda yang umum yang terjadi pada ibu hamil di awal kehamilan. Dimana, akan sering mengalami mual dan muntah meskipun tidak mengonsumsi banyak makanan di malam harinya. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal ini, maka ada baiknya sediakanlah makanan ringan yang menyehatkan di dekat Anda.
  7. Lebih sering buang air kecil. Perubahan yang muncul pada ibu hamil juga bisa ditandai dengan sering buang air kecil padahal lima menit sebelumnya sudah ke kamar mandi. Nah, kondisi ini terjadi akibat rahim menekan kantung kemih. Dan ini akan terjadi dua kali lipat setelah kehamilan mulai membesar.

Itu dia gejala awal yang bisa ditandai jika ingin melihat apakah Anda sedang hamil atau tidak. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat! -SH-

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*