Fisioterapi dalam Beberapa Cabang Ilmu Kesehatan

fisioterapi

Layanan fisioterapi merujuk pada terapi yang bertujuan untuk membantu pasien memulihkan, mempertahankan, serta meningkatkan pergerakan, kekuatan, juga fungsi fisiknya. Terapi ini dilakukan oleh ahli kesehatan dengan memanfaatkan teknologi biomekanika atau kinesiologi. Seperti namanya, terapi fisik, prosedur penyembuhan ini akan melibatkan gerak tubuh pasiennya. Pada kasus-kasus tertentu, fisioterapis mungkin akan merekomendasikan pasiennya untuk melakukan pergerakan khusus untuk sendi, pemijatan, penarikan sendi atau otot, bahkan penggunaan alat Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS).

Fisioterapi dapat diterapkan pada segala usia, dan dapat dilakukan di rumah sakit atau rumah. Ya, saat ini terdapat beberapa penyedia jasa fisioterapi bersertifikasi yang dapat dihubungi untuk memberi pengobatan ke rumah pasien.

Lalu, pada cabang ilmu apa saja fisioterapi diterapkan sebagai salah satu prosedur pengobatannya? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya ya.

  • Geriatrik

Geriatrik adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang perawatan dan penyakit manusia usia lanjut. Oleh karena itu, fisioterapi geriatrik berpusat soal terapi fisik pada orang tua yang memiliki penyakit karena faktor usia. Contoh penyakit yang ditangani oleh cabang ilmu ini adalah Alzheimer, incontinence, arthritis, dan kehilangan gerak. Ahli fisioterapi geriatrik biasanya memberikan program untuk menghilangkan rasa sakit, mengembalikan gerak tubuh, serta memudahkan kegiatan sehari-hari—sesuai dengan kebutuhan pasiennya.

  • Pediatrik

Pediatrik adalah cabang ilmu kesehatan yang menangani tentang perawatan dan penanganan penyakit pada remaja, anak-anak, dan balita. Beberapa contoh penyakit yang dapat ditangani dengan fisioterapi pediatrik adalah spina bifid