Deretan Pantai Glow in The Dark di Beberapa Negara Asia

pantai
Image by strikers from Pixabay

Pantai glow in the dark adalah lautan lepas yang bersinar terang kala malam datang. Dikenal juga dengan istilah bioluminescent beach, pantai-pantai ini bisa punya cahaya gemerlap akibat pergerakan sekelompok besar makhluk bercahaya laut yang menghasilkan cahaya biru elektrik. Di Asia, setidaknya ada 6 negara yang memiliki pantai glow in the dark. Sambil persiapkan asuransi perjalanan luar negeri milikmu, yuk cari tahu di negara mana saja pantai penuh gemerlap ini ada!

  • Tusan, Malaysia. Pantai pertama sekaligus terdekat dari Indonesia adalah Tusan Beach di Malaysia. Berlokasi di Miri, Sarawak, pantai indah nan gemerlap ini hanya berjarak sekitar setengah jam dari pusat kota. Warna biru elektrik di pantai ini disebabkan oleh ganggang bernama dinoflagellata. Namun, penting untuk kamu tahu jika glow in the dark di Tusan hanya muncul menjelang akhir tahun, yaitu di bulan September sampai Desember saja, ya.
  • Koh Rong, Kambodia. Sedikit ke arah utara dari Malaysia, ada Koh Rong di Kambodia. Pulau yang jadi salah satu destinasi utama wisata bahari Kambodia ini terkenal dengan hutan lebat, pantai berpasir, serta pantai glow in the dark-nya. Kamu bisa, loh, menjajal pantai penuh gemerlap ini secara langsung. Caranya, belilah paket tur tujuan ke Long Set Beach, Lonely Beach, atau Coconut Beach.
  • Krabi, Thailand. Pantai Krabi di Thailand barangkali tidak asing lagi di telinga kamu. Terang saja, Krabi adalah salah satu destinasi wisata bahari paling populer di Thailand karena batu-batu-batu kapur yang menjulang tinggi di lepas pantai. Akan tetapi, rupanya pantai ini juga punya eksotisme tersendiri ketika malam datang. Ya, terang biru elektrik dari plankton adalah daya tarik Krabi di malam hari.
  • Sam Mun Tsai, Hong Kong. Di Asia Timur, ada Sam Mun Tsai Beach, bagian wilayah perkampungan nelayan di tepi Hong Kong yang sibuk. Pantai glow in the dark dengan warna biru elektrik di sini tidak tersedia sepanjang tahun. Jadi, kamu harus cari tahu dulu kapan musim mekarnya alga di kawasan tersebut sebelum mengunjunginya, ya!

Itu dia beberapa pantai glow in the dark yang ada di A sia dan dekat dengan Indonesia. Kalau kamu ingin ke wilayah Asia yang agak jauh, Vaadhoo Island di Maladewa bisa jadi pilihan paling bagus. Soalnya, pantai-pantai Maladewa sepanjang hari pasti tidak akan mengecewakan!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*