Daftar Arsitektur Museum Terbaik Dunia

museum-louvre-perancis

Arsitektur ada di mana-mana. Kemunculannya tidak terduga, kadang sering diabaikan, namun tak jarang juga diperhatikan. Bagi kamu yang terobsesi dengan arsitektur, pastinya sudah mengetahui hal ini bukan? Bahwa arsitektur berada di sekitar kita dan keberadaannya tidak lepas dari perkembangan zaman. Lihat saja bangunan gedung perkantoran dan juga pusat perbelanjaan: semuanya memiliki ciri khas tersendiri yang menonjolkan sisi superioritasnya. Bagaimana dengan museum? Adakah museum dengan arsitektur terbaik di dunia? Temukan jawabannya di dalam artikel ini. Dijamin, kamu ingin segera mengepak tasmu dan menyiapkan asuransi perjalanan untuk mengunjungi museum tersebut!

  1. museum-louvre-perancisLouvre, Perancis. Siapa tak kenal Louvre? Museum yang paling terkenal di Paris, Perancis, ini memang sudah mendunia. Setiap harinya, ratusan hingga ribuan orang berkumpul di sekitar bangunan berbentuk segitiga ini untuk berfoto dan juga mengunjungi museumnya. Di dalam Louvre, Anda bisa melihat karya-karya seni yang sangat terkenal seperti “Monalisa”, “Venus de Milo”, dan lain sebagainya. Arsitekturnya sendiri selalu diperbarui seiring dengan berjalannya waktu dan menjadi bangunan dengan arsitektur terindah di Paris.
  2. Museum of Islamic Art, Qatar. Terletak di Doha, Museum of Islamic Art atau Museum Seni Islam ini terinspirasi dari seni dan arsitektur Islam. Dirancang oleh IM Pei, arsitek yang juga membuat piramida Louvre, museum ini merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika Anda berkunjungi ke Qatar. Langit-langit museum ini didesain sedemikian rupa dengan mencampurkan sisi modernitas dan sentuhan islami.
  3. Salvador Dalí Museum, Amerika Serikat. Museum seni yang berada di St. Petersburg, Florida ini didedikasikan untuk mengapresiasi karya Salvador Dalí. Museum ini menjadi museum paling besar yang menyimpan semua karya Dalí. Karya seni yang dipamerkan di museum ini antara lain “Slave Market with the Disappearing Bust of Voltaire” dan juga “The Ghost of Vermeer van Delft which Can Be Used as a Table”. Dari segi arsitekturnya sendiri, museum ini sangat futuristik dengan sentuhan modernitas yang kental.
  4. Royal Ontario Museum, Kanada. Royal Ontario Museum atau yang biasa dikenal pula sebagai Musée royal de l’Ontario ini berada di Toronto dan telah lama menjadi museum paling populer di kawasan Amerika Utara. Tidak heran, sebab Royal Ontario Museum ini merupakan sebuah museum seni, budaya dunia, dan juga natural history. Pembangunannya pertama kali dibuat pada 16 April 1912 dan dibuka pada 19 Maret 1914. Royal Ontario Museum ini dirancang oleh duo arsitek Frank Darling dan juga John A. Pearson.

Sudah melihat foto-foto arsitektur dari museum di atas? Mengagumkan sekali, ya! Keberadaan museum tersebut mengingatkan kita bahwa arsitektur membawa perubahan yang signifikan, terutama pada daya tarik untuk museum itu sendiri. Selamat berkunjung ke museum!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*