Cerita Inspiratif Untuk Perkembangan Otak Anak

Cerita inspiratif memang punya peranan penting di kehidupan anak. Khususnya untuk membantu dalam perkembangan otak anak.

Dimanapun tempatnya, anak-anak masih belum memiliki pengalaman banyak mengenai apa yang akan dijalani di kemudian hari.

anak-pintarMemang ada anak yang terlahir dengan kemewahan, apapun mudah didapatkan. Sebaliknya, ada juga yang terlahir dengan kekurangan, dan keinginan untuk mendapatkan hal yang diinginkan serasa sulit.

Ketika berada pada kondisi kedua, yang ada hanyalah keputus asaan. Contohnya adalah berasumsi jika dirinya terlahir atau ditakdirkan untuk menjalani hidup seperti itu selamanya.

Kondisi ini juga berlaku pada situasi yang berbeda, misalnya mengenai kecerdasan dan lain sebagainya.

Padahal, semuanya bisa diusahakan. Syaratnya adalah mau berusaha keras untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan.

Mengapa Anak Butuh Cerita Inspiratif

Sebelum beranjak dewasa, anak-anak hidup dalam baying-bayang orang tuanya. Apapun akan mudah tersedia karena orang tuanya yang memberikan semuanya.

Tetapi ketika dewasa nanti, anak-anak harus mengandalkan dirinya sendiri untuk mendapatkan hal yang diinginkan.

Masalahnya, untuk mendapatkan apa yang diinginkan tidaklah mudah. Perlu sebuah usaha yang terkadang anak-anak enggan untuk melakukannya.

Apalagi jika anak-anak terbiasa dalam kemewahan. Melakukan sesuatu dengan cara yang ga menyenangkan tentunya sulit. Padahal itulah cara yang harus ditempuh.

Disinilah peranan kisah inspiratif. Yakni membukakan wawasan seluas-luasnya untuk anak-anak agar bisa bertahan, dan kuat menghadapi apa yang ada di hadapannya. Tentunya untuk memperoleh apa yang diinginkan.

Kaitannya Cerita Inspiratif Dengan Perkembangan Otak

Anak terlahir di dunia dengan cara yang sama, tidak memiliki suatu apapun. Yang membedakan hanyalah dilahirkan oleh siapa.

Kondisi ini nantinya akan membuat dirinya berbeda ketika dewasa. Dan perkembangannya juga akan berbeda, baik dari mental maupun cara berfikirnya.

Meskipun begitu, ketika anak-anak diberikan stimulasi yang sama, maka perkembangannya juga akan sama. Karena anak-anak akan belajar sesuatu dari apa yang ditawarkan di sekeliling.

Anak-anak akan mulai berfikir tentang bagaimana cara memecahkan masalah. Dan ini akan menjadi bukti bahwa anak-anak telah beranjak dewasa.

Ya, kisah inspiratif kehidupan memang akan membawanya dalam sebuah dunia dimana akan anak-anak hadapi. Cerita ini akan merangsang otak anak untuk terus berfikir, bahkan bisa juga menguatkan mental yang hasilnya akan menguatkan kepribadiannya di masa mendatang.

Dengan kata lain, cerita inspiratif akan mendorong anak untuk berfikir postif, lebih cerdas, bahkan tanggap ketika berhadapan dengan kondisi di sekeliling. Makanya, tidak salah bila Anda perlu sekali menceritakan sesuatu untuk proses pembelajaran anak.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*