Cerita Aqua yang Kreatif dan Inovatif

logo aqua

Aqua memang brand air minum yang sudah dikenal dan diketahui oleh semua orang yang ada di Indonesia dari sabang sampai merauke. Aqua merupakan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan yang telah menembus pasa Asia, dan perusahaan air minum kemasan ini selalu menjaga kualitas, dari isi maupun kemasananya yang dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa. Dibalik kesuksesan perusahaan air minum kemasan ini ada cerita aqua orang hebat yang mendirikan perusahaan air minum kemasan ini yaitu Pak Tirto. Pak Tirto ini lahir pada maret 1930.

Awal mula munculnya ide untuk membuat air minum kemasan ini berasal dari ada tamu perusahaannya yang orang asing berkunjung ke Indonesia, banyak mengeluh soal air minum, mereka banyak yang sakit perut. Dan ide lainnya muncul ketika pak Tirto ditugaskan ke luar negeri, beliau melihat banyak sekali air minum kemasan yang sudah trend. Dari itulah muncul ide Pak Tirto untuk membuat perusahaan air minum kemasan di Indonesia.

Cerita aqua tentang perjuangan Pak Tirto untuk perusahaan air minumnya bisa diterima oleh orang Indonesia tidaklah mudah karena pada saat itu penduduk lokal masih mengonsumsi air tanak yang langsung di rebus, tidak ada industri air minum sama sekali, jauh berbeda dengan keadaan sekarang. Pak Tirto seorang yang tangguh dalam menjalankan usaha pantang menyerah. Beliau memutuskan untuk keluar dari perusahaan dimana dia bekerja dan membangun pabrik Aqua di Bekasi pada tahun 1973. Dan Pak Tirto awalnya member nama air kemasan tersebut Puritas akan tetapi pada saat membuat logo disarankan oleh desainernya dengan nama Aqua agar mudah dilafalkan.

Pada tahun 1974 sudah mulai produksi dan mulai dijual pada oktober 1974. Akan tetapi perjuangan Pak Trito butuh ekstra lagi karena belum laku di pasaran. Pada tahun 1984 barulah Aqua masuk kepasar local namun masih di toko – toko tertentu saja. Dengan kerja keras Pak Tirto dan timnya akhirnya air minum kemasan ini laku dan sampai saat ini masa jaya. Pada usia ke 64 Pak Tirto meninggal, praktis ketika beliau meninggal meruapakan sejarah terkelam pada perusahaan air minum kemasan ini. Pihak manajemen merasa Aqua membutuhkan sosok kuat yang sudah berpengalaman dan mempunya karakter yang sama denga Pak Tirto. Akhirnya terjadilah kerjasama historis dengan Danone dari prancis yang merupakan salah satu perusahaan air minum yang terbesar di dunia.

Sampai saat ini perusahaan air minum kemasan Aqua ini selalu kreatif dan inovatif dalam pemasaran. Dan juga iklan dari perusahaan minum kemasana Aqua ini bahasa yang menarik, mengedukasi dan informative. Seperti “ kurang minum dapat menurunkan konsentrasi dan fokus”. Kata – kata ini benar berdasarkan uji klinis, jika kurang cairan kerja otak seseorang akan menjadi terganggu, karena tubuh kita membutuhkan 80% air. “ mau aqua, dari tadi anda belum minum” kata – kata ini tentunya kta sangat berterimakasih kepada teman kita yang sudah mengingatkan kita tentang kesehatan. Dan ada juga cerita aqua tentang mencati arti Indonesia menurut diri sendiri hal itu mengajarkan untuk menilai Indonesia dari sudut pandangan orang berbeda – beda. Kreatif dalam memanfaatkan situasi sekitar kita. Semoga dengan semakin banyaknya iklan yang kreatif dan inovatif serta mendidik, konsumen semakin mudah untuk memahami pesan yang ingin disampaikan yang pastinya konsumen tidak akan menjadi korban iklan.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*