Cara Mudah untuk Menaikkan Minat Belajar Anak

belajar sambil bermain

Siapa sih yang tidak menginginkan anaknya menjadi anak yang pintar serta tekun dalam belajar? Semua mimpi orang tua baik yang sudah memiliki asuransi santunan pendidikan maupun yang belum pasti sangat menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang memiliki kemampuan studi yang baik untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan serius. Pasti akan sangat mengecewakan jika anak ternyata tidak memiliki minat untuk belajar. Ya memang, setia anak lahir dengan bakatnya sendiri-sendiri dan tidak perlu dipaksakan. Namun tidak dapat disangkal juga bila studi si kecil di sekolah akan sangat berpengaruh untuk masa depannya. Nah, jika Anda para orang tua bingung dengan cara-cara yang ampuh untuk meningkatkan motivasi belajar anak dan juga memotivasinya untuk lebih serius dalam studinya, baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.belajar sambil bermain

  1. Belajar sambal bermain

Luangkanlah waktu Anda untuk membimbing si kecil saat belajar di rumah. Ajaklah anak untuk mengejarkan tugasnya atau hanya sekedar mengevaluasi pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya di sekolah dengan cara yang menyenangkan. Selipkanlah si kecil kesenangan dan kegemarannya pada saat belajar agar ia tidak bosan dan murung jika diharuskan untuk belajar terus menerus.

  1. Ubah suasana belajar

Jika belajar di sekolah sudah cukup membuatnya bosan dan murung, ajaklah si anak untuk belajar di tempat yang menyenangkan pada saat di rumah atau pada saat ada Anda di sekitarnya. Ajaknya ia untuk belajar di taman sebagai contohnya. dengan cara ini, anak akan menjadi lebih semangat karena memiliki suasana baru yang jarang ditemukannya.

  1. Jangan berikan ancaman

Tidak dapat disangkal bahwa terkadang orang tua merasa gemas jika anaknya tidak dapat fokus dalam belajar ataupun saat mengerjakan tugasnya. Pasti Anda pernah mengancamnya dengan hal-hal yang justru membuatnya lebih tertekan pada saat belajar. Hal seperti itu sebaiknya tidak dilakukan lagi karena hanya akan membuat si anak menjadi kehilangan konsentrasi dan tertekan pada saat belajar. Justru lebih disarankan bagi Anda untuk menjanjikannya apresiasi jika menyelesaikan tugasnya. Dengan cara ini si anak akan menjadi lebih termotivasi.

 

Itu dia hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menaikkan minat dan memotivasi anak untuk belajar. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*