Cara Merawat Kulit Bayi Agar Sehat dan Bersih

kulit bayi

Cara merawat kulit bayi bisa dibilang gampang-gampang susah, karena pada dasarnya kulit bayi yang baru lahir masih cukup bersih dan sehat. Namun terkadang perawatan yang dipilih justru keliru yang akibatnya membuat kulit bayi tersebut menjadi tidak sehat dan akibatnya akan terjadi masalah pada kulit bayi. Kondisi ini karena kulit bayi sangat sensitif dan juga rentan, khususnya dari bahan-bahan yang mengandung bahan kimia. Apalagi untuk para ibu-ibu baru, tentu akan merasa kebingungan jika kulit bayinya bermasalah.

kulit bayiMenghindari masalah pada kulit bayi, maka para ibu haruslah berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit bayi dengan teliti, selektif dan tepat. Selain itu ada beberapa cara merawat kulit bayi agar tetap sehat dan bersih yang dilakukan. Apa saja itu ? Mari simak caranya berikut :

  • Gunakan sabun khusus untuk bayi.

Usahakan pilih sabun khusus untuk bayi dengan tekstur yang lembut dan halus. Baca terlebih dahulu kandungan pada sabun tersebut dan pastikan sabun tersebut minim akan kandungan bahan kimia.

  • Pilih bahan katun

Untuk jenis pakaian bayi, sebaiknya pilihlah pakaian yang menggunakan bahan katun. Selain mampu menyerap keringat si bayi, bahan kantun akan membuat bayi nyaman ketika memakainya.

  • Sabun cucinya juga khusus loh.

Ketika mencuci pakaian bayi, maka jangan pernah mencampurnya dengan pakaian Anda. Ini untuk menghindari pakaian bayi terkena kotoran yang menempel pada pakaian Anda. Selain itu gunakan deterjen khusus yah, biasanya untuk pakaian bayi deterjen yang digunakan adalah memiliki formula lebih lembut (mild) dan minim busa.

  • Biasakan mencuci pakaian bayi yang baru dibeli

Memang semua pakaian baik untuk pakaian bayi maupun orang dewasa, tentu proses pembuatannya tidak lepas dari penggunaan bahan kimia. Nah, dengan mencuci lebih dulu ini akan membantu menghilangkan zat kimia pada warna. Dengan demikian, ini bisa mencegah masalah iritasi pada kulit bayi.

  • Cermat dan tepat dalam penggunaan tisu basah.

Memiliki bayi, para orangtua khususnya ibu tentu akan lebih banyak menyetok tisu basah di rumah untuk keperluan si bayi. Namun ada bayi yang tidak cocok dengan tisu basah, dan jika ada reaksi alergi yang ditunjukkan seperti kulit yang berubah menjadi merah segera stop menggunakan tisu basah tersebut! Perlu diingat, bahwa tisu basah memiliki kandungan alkohol yang juga akan mengakibatkan kulit bati menjadi kering.

Itulah beberapa tips dan cara perawatan kulit bayi, semoga bisa berguna untuk para ibu baru.

Share on Facebook2Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*