Cara Mengatur Pola Makan Agar Tak Mudah Kembung

perut kembung

Perut kembung seringkali menjadi musuh pada sebagian orang. Meskipun sudah mengonsumsi suplemen untuk kesehatan tubuh tapi masih saja sering mengalami kembung. Tenutnya perut kembung bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, sehingga dapat memengaruhi aktivitas harian. Perut yang mudah terasa kembung bukan hanya disebabkan oleh jenis makanan yang Anda konsumsi saja lho. Pola makan juga dapat memengaruhi kondisi perut. Mungkin selama ini pola makan Anda belum baik, sehingga mengakibatkan perut begah dan kembung. Nah, berikut ada cara mengatur pola makan yang telah kami rangkum dari femina. Siapa tahu bisa bermanfaat, yuk simak!

  • Menghindari Makanan yang Mengakibatkan Perut Kembung

Makanan yang terlalu pedas dan asam bisa memicu produksi asam lambung yang berlebih sehingga perut terasa penuh dan kembung. Jika Anda pecinta makanan pedas, mulailah batasi jumlah makanan pedas yang Anda konsumsi. Selain itu, jangan langsung mengonsumsi makanan pedas dalam keadaan perut kosong karena dapat meningkatkan risiko perut kembung.

  • Makan Secara Teratur

Untuk mencegah perut kembung, yang harus Anda lakukan adalah makan lebih sering. Ya, memang makan lebih sering dianjurkan, namun dengan porsi yang lebih kecil tentunya. Hal ini dilakukan agar lambung tetap terisi sehingga asam lambung tidak naik. Di sela-sela waktu makan pun sebaiknya Anda mengonsumsi snack ringan yang sehat.

  • Konsumsi Makanan yang Baik untuk Pencernaan

Selain itu, Anda juga bisa mengatasi perut kembung dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan seperti mentimun, wortel, labu kuning. Anda bisa membuat sup hangat dari bahan-bahan tersebut agar perut lebih terasa nyaman. Buah-buahan seperti pisang dan pepaya juga bisa dikonsumsi untuk meredakan rasa kembung. Pisang mengandung kalium, sedangkan pepaya mengandung zat papain yang bisa melancarkan penceranan

  • Kurangi Konsumsi Garam

Anda akan merasakan dampak negatif akibat mengonsumsi banyak garam. Kenapa? garam bisa menjadi salah satu pemicu perut kembung. Jika Anda mengonsumsinya terlalu sering, maka garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Hal ini akan membuat perut terasa kembung.

Selain menjaga pola makan, ada baiknya Anda menghindari stres dan cemas karena hal tersebut juga bisa menjadi faktor penyebab kembung. Semoga membantu ya! (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*