Cara Bersihkan Botol Susu Agar Bersih dari Virus dan Bakteri

bersihkan-botol-bayi

Sudah tahukah Anda bagaimana cara membersihkan botol susu bayi dengan cara yang benar? Apa saja yang perlu dilakukan agar supaya botol susu bayi yang sedang dibersihkan selain bersih juga bebas dari bakteri dan virus?

Anda sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan kebersihan dari botol susu bayi Anda. sebab organ dalam dari bayi belum bisa bekerja secara sempurna sehingga sangat rentan terhadap serangan bakteri ataupun virus.

bersihkan-botol-bayiSebenarnya cara membersihkan botol susu balita sangatlah mudah untuk dilakukan, sebab pada umumnya semua alat yang digunakan sudah tersedia di dapur Anda.

Pada saat Anda sedang membersihkan botol susu bayi, sebaiknya ikutilah 6 langkah berikut ini:

  1. Letakkan botol susu beserta perlengkapannya yang sebelumnya sudah Anda buka terlebih dahulu pada air yang sedang mengalir. Dalam hal ini pastikan bahwa seluruh bagian dari botol susu tersebut tersiram air.
  2. Berikan sabun cair pada botol susu secara merata. Selanjutnya gosok botol susu sampai ke bagian dalamnya dengan menggunakan sikat khusus mencuci botol susu.
  3. Setelah itu cuci sampai bersih kemudian bilas dengan menggunakan air yang mengalir. Pastikan tidak ada busa yang tertinggal pada botol susu tersebut.
  4. Setelah itu seterilkan botol susu dari virus dan bakteri, caranya adalah rebus air secukupnya sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan botol bayi selama 5 – 10 menit dengan api yang kecil. Pastikan juga seluruh botol terendam dalam air.
  5. Setelah botol susu selesai direndam, sebaiknya botol susu jangan langsung digunakan. Keringkan botol susu terlebih dahulu dengan cara diletakkan di tempat yang bersih. Hindari mengeringkan botol susu dengan menggunakan tissue atau lap.
  6. Cara membersihkan botol susu batita selanjutnya adalah pada waktu mengambil botol susu saat direndam dengan air panas tadi sebaiknya menggunakan penjepit yang sebelumnya sudah disiram terlebih dahulu dengan menggunakan air yang sudah mendidih.

Beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan terkait dengan botol susu bayi adalah sebaiknya setelah selesai menggunakan botol susu langsung dibilas atau direndam dengan air.

Hal ini dikarenakan sisa dari susu formula yang ada di dalam botol tadi apabila dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan lapisan formula menjadi lengket dan akan menjadi sulit ketika dibersihkan.

Itulah 6 cara membersihkan botol susu bayi yang bisa Anda lakukan agar supaya selain bersih dari kotoran sisa susu, botol susu juga bersih dari virus dan bakteri.

Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*