Bisakah Kanker Pada Anak Dicegah?

cegah kanker anak

Tidak ada orangtua manapun yang tidak sedih melihat anaknya menderita suatu penyakit. Meskipun asuransi kesehatan syariah yang digunakan sudah bisa menanggung biaya pengobatannya, namun tetap saja tidak membuat orangtua merasa tenang. Apalagi, jika penyakit yang diderita oleh sang anak adalah penyakit kritis, seperti kanker.

Mungkin anak yang menderita kanker masih bisa terlihat ceria, karena mereka belum memahami bahaya dari penyakit ini. Namun, proses pengobatan yang harus terus menerus mereka jalani, belum lagi ketidakbebasan mereka dalam beraktivitas, tentu saja akan membuat mereka tersiksa. Seandainya ada cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mencegah agar anaknya tidak terkena penyakit ini, pasti akan dilakukan. Namun, bisakah hal tersebut dilakukan?

Menurut situs cancer.org, penyebab dari kanker pada anak-anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa. Pada umumnya, kanker pada orang dewasa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan sebagainya. Sementara pada anak-anak, mereka biasanya belum benar-benar memiliki pola hidup tidak sehat. Apalagi, pada anak yang masih bayi atau belum memasuki usia sekolah. Artinya, kondisi ini tidak bisa dijadikan sebagai salah satu penyebab anak menderita penyakit kanker.

Penyebab lain dari berkembangnya kanker dalam tubuh seseorang yaitu karena paparan radiasi dan radikal bebas. Orang dewasa bisa terkena paparan radiasi dan polusi dari berbagai hal di lingkungan. Lalu, apakah itu artinya penyebab kanker ini bisa dicegah pada anak-anak? Jawabannya, mungkin bisa namun sangat sulit. Untuk radiasi sendiri, biasanya didapatkan dari terapi radiasi. Namun hal ini sulit dihindari, karena terapi radiasi hanya dilakukan ketika anak membutuhkannya. Bukan sesutu hal yang bisa dilakukan secara bebas. Sementara itu, radikal bebas adalah hal yang bisa kita temui dimanapun. Menghindarinya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Selain kedua hal yang telah disebutkan, faktor genetik atau keturunan juga menjadi penyebab seseorang menjadi penderita kanker. Pada anak-anak, hal ini mungkin saja namun cukup jarang ditemukan. Dan tentunya, hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dihindari. Untuk mengatasi penyakit ini, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan operasi pengangkatan organ yang memiliki sel kanker, sebelum sel ini berkembang ke organ lainnya. (Vita)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*