Benar Gak Sih Perangkat Memengaruhi Koneksi Internet?

internet booster

Langganan internet saat ini menjadi andalan masyarakat yang aktif berselancar di dunia maya. Apalagi, pemanfaatan internet saat ini sudah semakin meluas. Tidak hanya sebagai sarana untuk menunjang komunikasi bisnis saja, tetapi juga untuk kebutuhan sosial dan informasi lainnya.

Itulah mengapa, provider internet rumah yang menawarkan kecepatan stabil dan tarif terjangkau pasti akan menjadi pilihan, seperti Oxygen. Dengan provider yang menawarkan kedua kelebihan tersebut, kamu akan bisa berinternet dengan nyaman setiap hari dan tentunya tidak akan memberatkan keuanganmu.

Namun, pernah gak sih kamu merasa, meskipun menggunakan koneksi atau jaringan yang sama, kenapa ya internetmu dan saudaramu yang tinggal serumah bisa berbeda kecepatannya? Apa mungkin ini dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan?

Benarkah Perangkat Memengaruhi Kecepatan Internet?

Yap, ternyata perangkat yang kamu gunakan memang bisa memengaruhi kecepatan koneksi internet yang kamu gunakan, lho. Ini beberapa komponen atau bagian dari perangkat yang bisa memengaruhi kecepatan internet:

 

  • Prosesor 32-bit VS 64-bit

 

Prosesor bisa dikatakan sebagai “otak” pada perangkat komputer. Di sinilah pusat yang akan mengontrol berbagai fungsi dan komunikasi saat sebuah perangkat komputer sedang bekerja. Prosesor dapat dibedakan ke dalam 2 kategori, yaitu 32-bit dan 64-bit. Sementara bit sendiri adalah istilah untuk satuan data.

Prosesor 32-bit artinya prosesor tersebut hanya bisa memproses data dalam jumlah yang lebih terbatas yaitu 232 data dalam waktu bersamaan. Sementara prosesor 64-bit dapat memproses data dalam jumlah yang lebih besar, yaitu 264 data secara bersamaan. Kemampuan perangkat dalam mengelola data dalam waktu bersamaan ini tentunya juga akan memengaruhi kecepatan internet yang terhubung ke dalam perangkat.

 

  • RAM

 

RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan sementara atau memori jangka pendek. RAM termasuk salah satu komponen utama pada perangkat komputer yang memengaruhi kecepatan kerjanya. RAM bekerja sama dengan prosesor sebagai tempat penyimpanan data sementara yang akan dibutuhkan setiap kali kamu membuka aplikasi atau data tertentu.

Semakin besar spesifikasi RAM, maka semakin cepat juga kemampuannya dalam mengalirkan data yang dibutuhkan oleh prosesor dalam menjalankan tugas yang kamu minta. Misalnya ketika kamu membuka aplikasi tertentu, ketika RAM perangkat terlalu kecil, maka waktu tunggu yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Hal ini secara otomatis juga akan memengaruhi keccepatan internetmu.

 

  • Cache

 

Siapa yang jarang membersihkan cache pada perangkat yang digunakan? Mulai sekarang, ubah kebiasaan ini, yuk! Ternyata, ketika perangkatmu terlalu banyak menyimpan cache, maka kinerjanya juga akan berkurang karena memori internal menjadi penuh. Hal ini bisa berdampak juga pada koneksi internet yang menjadi lebih lambat.

Sebagai tambahan informasi, cache bisa dikatakan sebagai data yang tersimpan pada perangkat dan bersifat sementara. Namun, data ini tidak hilang secara otomatis sampai kamu menghapusnya. Data ini memang tidak terlihat, berbeda dengan data berbentuk file seperti media, tetapi tetap bisa menghabiskan memori dalam jumlah cukup besar. Contoh cache adalah data login yang tersimpan pada perangkat, 

Nah, sudah tahu kan sekarang kenapa meskipun kamu dan saudaramu terkoneksi pada jaringan yang sama, bisa saja kecepatan koneksi yang didapat berbeda. Itulah mengapa, memerhatikan spesifikasi internal seperti prosesor dan RAM saat kamu akan membeli perangkat komputer maupun ponsel pintar sangat penting, agar kamu bisa menggunakannya dengan nyaman tanpa hambatan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*