Belanja Online Aman untuk Menghindari Penipuan

belanja online aman

Tidak hanya hacker yang sekarang bisa mencuri dan membobol rekening bank Anda. Orang awam pun sekarang bisa melakukan penipuan secara online melalui sistem transaksi yang biasa.

Orang tersebut membuat toko online, menjual barang, namun barang tidak dikirim setelah Anda mentransfer sejumlah uang sesuai dengan barang tersebut.

belanja online amanIni modus lama. Modus baru terus bermunculan seperti melalui sistem pembayaran yang tidak lazim digunakan.

Dan modus-modus penipuan online ini akan selalu berganti-ganti. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara belanja online aman.

Untuk menghindari modus penipuan model apapun, berikut ini yang harus Anda lakukan ketika akan melakukan transaksi online.

Ada Fasilitas Rekening Bersama

Untuk menunjang keamanan dalam bertansaksi, disediakan fasilitas berupa rekening bersama. Ini semacam rekening di mana Anda sebagai pembeli akan mentransfer uang ke penjual. Akan tetapi, uang tersebut tidak akan diberikan ke penjual jika Anda belum mengkonfirmasi bawasannya barang yang Anda beli sudah berada di tangan Anda.

Dari sekian banyak model pembayaran, fasilitas rekening bersama ini sepertinya yang paling aman. Jika ada toko online yang menyediakan fasilitas seperti ini, Anda sudah tidak perlu ragu lagi untuk bertransaksi.

Simpan Data yang Penting

Setiap toko online yang terpercaya pasti memberikan informasi apa saja yang berkaitan dengan transaksi seperti barang yang dibeli, rekening pembeli dan penjual, tanggal transaksi yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak mendapatkan informasi tersebut, maka Anda patut waspadai. Jangan-jangan pemilik toko online tersebut berniat untuk menipu.

Dan informasi tersebut sebaiknya Anda simpan. Sekarang ini banyak juga toko online yang secara otomatis menyimpan data transaksi di website. Jadi, Anda bisa mengakses kapan saja melalui gadget atau komputer. Dan bahkan ada juga yang memberikan informasi apakah barang sudah dikirim dan sudah sampai mana kiriman tersebut.

Dengan kejelasan informasi ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi.

Mengetahui Data Personal Pemilik Toko Online

Sebagai penjual online, mereka pasti tahu tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan calon pembeli. Apalagi antara penjual dan pembeli tidak kenal satu sama lain.

Oleh sebab itu, penjual pasti mencoba untuk membangun kepercayaan dengan cara berkenalan secara personal. Cara perkenalannya pun berbeda, tidak seperti ketika transaksi offline. Perkenalan secara online bisa dilakukan melalui media sosial.

Sebagai pembeli, tidak salah juga jika Anda berkenalan dengan penjual melalui media sosialnya. Dengan demikian, Anda bisa yakin bawasannya si penjual tidak melakukan penipuan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar aman dalam berbelanja secara online. Selamat mencoba.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*