Begini Cara Membuat AC di Rumah Lebih Awet

agar ac lebih awet

AC merupakan salah satu benda di rumah yang hampir selalu dimiliki oleh setiap orang. Iklim Indonesia yang tropis membuat para penduduknya memilih untuk memasang AC demi mendapatkan udara yang sejuk. Tidak percaya? Cek saja setiap properti Indonesia yang ada di kawasan ibukota. Hampir sebagian besar telah dilengkapi AC untuk memberikan kenyamanan yang sangat mumpuni.

Nah, mengingat AC selalu dipakai setiap hari dan secara kontinu, tentu kamu pun berpikir bagaimana cara membuat AC ini lebih awet terlebih ketika digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti di rumah. Kalau kamu penasaran, simak cara membuat AC lebih awet dalam artikel berikut ini:

  1. Gunakan sesuai pemakaian. Jangan biarkan AC selalu menyala sepanjang waktu. Jagalah agar AC menyala dalam waktu tertentu misalnya di malam hari dan matikan ketika tidak digunakan. Selain menjaga AC tetap awet, hal ini juga bisa membantu kamu menjaga pengeluaran di area pembayaran listrik. Menyalakannya hanya ketika akan digunakan membuat pemakaian listrik tidak membengkak.
  2. Pastikan filter AC selalu bersih. Filter AC harus selalu dibersihkan setidaknya setiap sebulan sekali. Seperti yang kamu ketahui, filter AC berfungsi untuk menyaring udara kotor sehingga debu akan ditahan oleh filter AC ini. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, jika tidak dibersihkan maka debu-debu ini akan menumpuk di atas filter dan menghalangi aliran udara. Akibatnya, fungsi AC menjadi terganggu dan bisa menyebabkan kerusakan.
  3. Jangan lupa untuk melakukan servis secara berkala. Servis merupakan cara terampuh untuk membuat AC lebih awet karena jika teknisi menemukan potensi kerusakan, maka hal ini akan segera ditindaklanjuti. Berbeda halnya jika kamu tidak pernah melakukan servis lalu tiba-tiba AC yang digunakan rusak. Bagaimana kamu bisa tahu kalau AC akan rusak kalau kamu bahkan tidak pernah mengeceknya? Untuk itu, servis sangat dibutuhkan agar kerusakan kecil bisa diperbaiki dan kerusakan berskala besar bisa diatasi. Servis AC tidak mahal kok. Bahkan jika masih masuk ke dalam garansi, servis AC bisa gratis, lho.
  4. Cek kumparan AC. Kumparan AC termasuk ke dalam elemen yang harus selalu diperiksa setiap saat. Sebab, debu juga sering menumpuk pada kumparan. Ketika debu menutupi kumparan, maka kumparan akan kehilangan kemampuannya untuk menyerap panas. Akibatnya, beban yang harus ditanggung oleh AC menjadi lebih berat dan menimbulkan korslet.

Jika kamu melakukan empat hal di atas, dijamin AC di rumahmu menjadi lebih awet dan juga tahan lama. Selamat mencoba, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*