Bacakan Dongeng Pada Anakmu Sebelum Tidur!

dongeng sebelum tidur

Menceritakan dongeng pada anak sebelum tidur akan membuat si anak nyaman dan merasa orang tuanya sangat peduli padanya. Selain itu, si anak juga akan mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga ketika dongeng di bacakan padanya. Sama-sama kita ketahui, saat ini buku-buku dongeng sudah sangat susah sekali dicari di toko-toko buku, dikarenakan dongeng-dongeng sudah banyak di internet. Nah, untuk Bunda yang ingin  membacakan dongeng pada anak Bunda, alangkah baiknya mencari dongeng-dongeng di Internet bandung.

dongeng sebelum tidurBerikut beberapa cerita dongeng yang ada di internet, dan bisa Bunda ceritakan pada anak Bunda sebelum tidur:

  1. Dongeng Monyet dan Unta Peniru. Dongeng ini berkisah tentang seekor Unta yang iri pada seekor Monyet. Pada saat perayaan besar untuk menghormati sang Singa si Raja Hutan, seekor monyet diminta untuk menari. Monyet menari dengan sangat indah dan membuat binatang lainnya kagum. Si Unta sangat iri dengan penampilan si Monyet dan Unta pun ikut menari meniru gaya si Monyet. Tapi saat menari si Unta mengenai hidung Si Raja Hutan, yang membuat si Raja Hutan marah dan mengusir si Unta. So, pesan tersirat dari dongeng monyet dan unta peniru ini adalah jangan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dapat dilakukan.
  2. Dongeng Anjing Yang Nakal. Dongeng ini berkisah tentang seekor Anjing yang nakal dan diikat oleh majikannya pada sebuah balok yang cukup berat dan diberi sebuah kalung. Si Anjing sangat bangga dengan kalung yang diikatkan ke lehernya. Si anjing menyeret-nyeret balok kayu dengan ributnya dan semua orang tidak menyukainya. Seekor anjing lain yang melihatnya kemudian berkata “Kamu seharusnya lebih bijaksana dan berdiam diri di rumah, apakah kamu senang bahwa semua orang tahu betapa nakal dan jahatnya kamu?”. Pesan dari dongeng ini adalah alangkah baiknya terkenal karena kebaikan, janganlah ditiru menjadi terkenal karena perbuatannya yang tidak baik atau nakal.
  3. Dongeng Ayam yang Berkelahi dan Burung Elang. Dongeng lainnya yang bisa dibacakan yaitu Ayam yang Berkelahi dan Burung Elang.  Dongeng ini berkisah tentang seekor Ayam Jantan yang saling bermusuhan. Si Ayam Jantan selalu berkelahi, saling mematuk dan mencakar. Suatu ketika salah satu Ayam Jantan menang dan dengan sombongnya dia naik ke atas kandang dan mengepak-ngepakkan sayapnya. Hal ini membuat si Burung Elang mendengarnya. Si Burung Elang langsung menyambar si Ayam dan menerkamnya. Pesan yang disampaikan oleh dongeng ini adalah janganlah bersikap sombong karena kesombongan dapat berakibat keterpurukan.
  4. Dongeng babi hutan dan rubah. Berkisah tentang seekor Babi Hutan yang sedang sibuk mengasah taringnya pada sebuah batang pohon. Bertepatan dengan saat itu, secara kebetulan lewatlah seekor rubah. Si Rubah bertanya pada si babi kenapa Babi mengasah taringnya padahal tidak ada musuh disekitarnya, dan babi menjawab memang benar tidak ada musuh, akan tetapi ketika musuh datang tiba-tiba saya tidak akan bisa mengasah taring saya. Jadi pesan tersirat dari dongeng ini adalah selalulah siap siaga dan waspada.

Masih banyak sebenarnya dongeng yang bisa Bunda bacakan. Akan tetapi Bunda masih bisa membacakan salah satu dari keempat dongeng di atas kepada anak sebelum tidur. Selamat Berdongeng Bunda! –Sh–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*