Alternatif untuk Menghindari Ganjil-Genap Jakarta

ganjil-genap-jakarta

Bingung harus lewat jalan mana lagi ketika mobil mitsubishi strada triton Anda tidak bisa melintas di jalan utama karena adanya kebijakan ganjil-genap Jakarta? Daripada harus gambling dalam memilih jalan dan malah terlambat sampai kantor, lebih baik manfaatkan angkutan umum saja! Sekarang ini, ada banyak angkutan umum yang nyaman dan bisa digunakan, kok. Buang jauh-jauh pikiran sumpek dan tidak aman, karena alternatif kendaraan berikut cukup nyaman dan aman.

  1. ganjil-genap-jakartaManfaatkan shuttle Bagi Anda yang tinggal di perumahan atau cluster, biasanya pihak developer properti Anda menyajikan jasa antarjemput berupa shuttle atau minibus. Shuttle ini dikhususkan untuk para penghuni perumahan dan memiliki beberapa rute perjalanan. Anda bisa memanfaatkan jasa ini setiap kali tidak bisa melintas di jalur utama karena kebijakan ganjil-genap. Beberapa perumahan yang memiliki shuttle khusus untuk mengangkut para penghuninya adalah Lippo Village, Citra Raya, Kemang Pratama, dan Summarecon (SDC).
  2. Naik kereta commuterline. Sekarang ini, kereta menjadi pilihan para penduduk yang tinggal di wilayah Jabodetabek untuk tiba di kawasan perkantoran tanpa harus bermacet-macetan. Memang, dibanding dengan beberapa tahun yang lalu, jasa commuterline sudah jauh lebih baik dan juga lebih nyaman. Untuk Anda yang tinggal di daerah pinggiran Jakarta seperti Serpong, Pamulang, atau bahkan Bekasi, lebih baik manfaatkan kereta Selain lebih cepat, biaya transportasinya pun lebih murah sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.
  3. Naik Transjabodetabek. Ini dia salah satu alternatif kendaraan yang masih baru, namun bisa diperhitungkan. PT Transjakarta memang sedang berbenah dan menambah layanannya. Salah satu layanan yang diperkenalkan ke masyarakat adalah Transjabodetabek atau sebuah jalur transportasi yang melayani jalur antarkota. Menariknya, Transjabodetabek ini diperbolehkan masuk ke dalam jalur busway sehingga bisa lebih cepat sampai karena tidak terkendala macet. Serunya lagi, biaya transportasinya sangat murah, yaitu Rp3500 saja! Minusnya, Anda tidak bisa naik bus ini di sembarang tempat, jadi harus menunggu di halte yang sudah ditentukan.
  4. Ikut Omprengan merupakan istilah yang banyak dikenal dan marak digunakan oleh para pekerja ibukota. Omprengan ini merujuk pada satu kegiatan di mana Anda bisa menumpang mobil pribadi seseorang yang dijadikan sebagai angkutan umum. Omprengan ini biasa berhenti di tempat-tempat umum sebelum masuk tol untuk mencari penumpang yang searah dengan dirinya. Misal, pemilik mobil berkantor di daerah Sudirman. Maka, ketika mencari penumpang, ia akan berteriak dan memberitahu tujuan kantornya (Sudirman). Bagi Anda yang kebetulan searah dengan pemilik mobil, maka bisa naik mobil tersebut dan membayar biaya ongkosnya. Dibanding tiga pilihan lain, omprengan ini lebih seru karena lebih nyaman. Anda pun bisa berkenalan dengan penumpang lain yang kantornya searah dengan Anda.

Itu dia beberapa alternatif kendaraan yang bisa dicoba ketika Anda tidak bisa melintas dengan mobil pribadi. Semoga bisa membantu dan bisa dimanfaatkan, ya!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*