Akibat Kantor Tidak Menggunakan Koneksi Internet Cepat

internet kantor lambat

Pernah mengalami saat sedang fokus bekerja, namun koneksi internet malah lambat atau down? Meskipun kelihatannya sepele, hambatan seperti ini bisa mengganggu fokus dan juga pekerjaan lho. Sebab saat ini kehadiran internet sangat penting, berbeda jauh dengan masa saat kamu masih senang memainkan game frenzy favoritmu dimana kehadiran internet belumlah sepenting sekarang. Oleh sebab itu, perusahaan tak mau sembarangan memilih provider internet. Banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan provider apa yang akan digunakan sebuah kantor. Salah satunya adalah kecepatan dan kestabilan koneksi. Bisa dibayangkan jika koneksi internet di kantor lemot? Mungkin hal-hal berikut ini yang akan terjadi.

  1. Tidak Bisa Digunakan Oleh Banyak Orang

Jika koneksi internet lambat, biasanya beberapa orang mesti memutuskan koneksi internetnya agar kecepatannya kembali stabil. Padahal ada banyak pekerja yang membutuhkan koneksi internet. Tentunya hal seperti ini akan membuat suasana kantor menjadi tidak kondusif.

  1. Membuat Jam Kerja Tidak Efisien

Internet yang lambat berarti membuat para pekerja menunggu lebih lama. Meskipun rasanya hanya menunggu beberapa detik, namun jika diakumulasikan dalam sehari, waktu menunggu bisa menjadi sangat lama. Terlalu lama menunggu mestinya akan membuat fokus menjadi buyar sehingga waktu kerja pun tak efisien.

  1. Tidak Dapat Melangsungkan Video Conference

Terkadang ada saat dimana kita tidak dapat melakukan meeting secara langsung. Di waktu seperti ini, video conference sangat membantu. Namun, tanpa koneksi internet yang cepat dan stabil, video conference realtime akan lebih sulit dilakukan karena video tersendat-sendat atau bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali.

Nah, supaya hal-hal di atas tidak terjadi, perusahaan perlu memerhatikan beberapa hal ini sebelum memilih provider internet.

  • Perhatikan lokasi. Terkadang provider internet yang terkenal paling bagus tidak begitu efektif di daerah tertentu. Sehingga penting juga untuk mencari tahu provider mana yang paling bagus di lokasi kita.
  • Bukan hanya kecepatan. Selain kecepatan, kestabilan koneksi juga perlu dipertimbangkan. Percuma saja dong jika koneksi internet cepat namun selalu down ketika cuaca buruk?
  • Lakukan riset. Sekali coba lakukan riset mengenai provider mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Baik dari segi fasilitas maupun biaya.

Kesimpulannya, kualitas internet sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja kita, jadi jangan sampai salah pilih provider ya. (Rima)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*