6 Penyebab Wifi Kamu Lemot

wifi lambat

Wifi lemot seringkali menjadi masalah kecil tapi mengganggu. Tentu aja, karena koneksi wifi yang lemot bakal bikin pekerjaan terhambat dan lama selesainya. Biarpun Kamu udah menggunakan paket internet dan tv kabel koneksi tercepat, wifi lemot tetap saja sulit dihindari. Ada beberapa penyebab wifi kamu jadi lemot. Apa aja? Ini dia 6 penyebabnya.

Koneksi internet bermasalah

Kamu langganan paket wifi di rumah? Coba periksa kecepatan internetnya dengan cara menyambungkan kabel Ethernet di laptop atau PC kamu. Coba untuk online dengan kabel Ethernet dan cek kecepatan internet secara online. Kalo kecepatannya masih dalam batas wajar dan normal, mungkin aja Kamu salah menaruh posisi router

Terlalu banyak pengguna

Yup, terlalu banyak yang menggunakan wifi bisa jadi merupakan salah satu penyebab lemotnya koneksi. Biasanya hal ini terjadi kalo Kamu menggunakan wifi di tempat umum.

Mendownload dengan kapasitas besar

Ketika Kamu lagi download file berkapasitas besar sambil browsing di internet, maka kemungkinan Kamu akan mendapatkan sinyal yang lemot untuk internetan. Hal itu terjadi karena wifi akan membagi sinyal internet untuk menyelesaikan download Kamu. Jadi, kalo mau koneksi kamu lebih lancar, tunda dulu proses download atau browsing kamu.

Router berdekatan dengan barang elektronik

Barang elektronik menghasilkan gelombang elektromagnetik yang bisa mengacaukan sinyal wifi kamu. Jadi, sebaiknya taruh router wifi berjauhan dengan barang elektronik seperti smartphone, microwave, TV, tablet, dan lainnya supaya sinyal bisa dipancarkan secara optimal.

Kabel LAN terputus

Cek kabel LAN pada router Wifi Kamu. Karena bisa aja ada kemungkinan Kamu salah menyambungkan kabel LAN atau bahkan belum menyambungkan sama sekali. Kalo Kamu kurang paham bagaimana cara menyambungkan kabel LAN, kontak pihak provider untuk minta bantuan.

Meletakkan router dekat jendela

Mungkin terdengar aneh, tapi sebenarnya ini cukup berpengaruh. Kenapa? Karena wifi bakal mengirim sinyal ke luar jendela dan nantinya sinyal itu akan terbagi. Jadi, sebaiknya taruh router jauh dari jendela supaya sinyalnya gak terbagi ke luar.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*