5 Wajah Kawah Indonesia yang Cantik Menawan

wisata-kawah-gunung

Kawah adalah lubang di permukaan bumi yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Bentuknya mirip cekungan danau, dan biasanya permukaan kawah ditutupi massa air.

wisata-kawah-gunungIndonesia sebagai pemegang rekor negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia, tentu memiliki berbagai macam kawah. Beberapa di antaranya ikut populer lantaran keindahannya yang memukau dunia.

Anda patut menyaksikan sendiri keindahan wajah alam Indonesia yang satu ini, maka jadikan 5 lokasi kawah terbaik di Indonesia ini ke dalam daftar liburan Anda di tanah air. Ada banyak tiket promo pesawat yang ditawarkan oleh travel online dan Anda bisa manfaatkannya di dalam setiap rencana liburan Anda menuju destinasi kawah berikut ini,

1. Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen adalah salah satu danau kawah terbesar dan terbaik di dunia. Kawah ini mempunyai banyak keunikan yang menarik. Selain kawah yang berwarna hijau tosca, fenomena blue fire yang langka di dunia, Anda juga bisa menyaksikan keindahan 4 gunung yang mengelilinginya, yaitu Gunung Raung, Gunung Merapi, Gunung Papah, dan Gunung Widodaren.

Kebayang kan bagaimana kalau semua keindahannya disatukan. Kawah di Puncak Gunung Ijen ini masih menjadi bagian Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Di kawah ini terdapat tambang belerang tradisional yang terbesar di Indonesia. Setiap hari, sekitar 200 pekerja tambang turun ke kawah untuk mengangkut bongkahan batu belerang dengan cara dipikul. Tentu pemandangan ini juga menawarkan keunikan bagi Anda yang menyaksikannya. Anda bisa mendapatkan pesona terbaiknya dengan mendaki kawah ini sekitar pukul 3 pagi dini hari.

2. Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Daya tarik keunikan Kawah Kelimutu adalah keindahan kawah tiga warna yang amat mempesona, terlebih jika Anda mengambil momen matahari terbit untuk menyaksikannya dari puncak gunung.

Kelimutu adalah nama sebuah gunung berapi di Kota Moni, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kawah tiga warna di gunung ini bisa berubah warna, sesekali terlihat berwarna biru, hijau, dan hitam, tapi lain waktu bisa juga terlihat berwarna putih, merah, dan biru. Keberadaan kawah cantik Kelimutu ini berhasil mengundang banyak wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke NTT.

3. Kawah Putih, Jawa Barat

Kawah Danau yang satu ini menjadi favorit sebagai lokasi pengambilan gambar foto pre wedding. Keindahannya dalam balutan warna putih yang menyelimuti seluruh area kawah, terkesan romantis namun berdaya magis.

Anda perlu mendaki banyak anak tangga lebih dulu untuk menjumpai kawah danau yang menjadi primadona di kawasan Ciwidey ini. Kawah Putih, yang tak lain adalah danau hasil letusan Gunung Patuha, mampu memikat setiap wisatawan yang datang mengunjunginya, termasuk juga Anda.

4. Kawah Sikidang, Dieng

Sebuah obyek wisata alam yang populer di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Kawah Sikidang punya keunikan yaitu lubang tempat keluarnya gas bumi selalu berpindah-pindah. Maka muncul penamaan sikidang yang berarti kijang dalam Bahasa Indonesia, karena bisa melompat-lompat seperti kijang.

Warna kawah yang kontras dengan alam sekitarnya, dan adanya mata air berbentuk anak sungai, melengkapi keindahan panorama di wisata alam ini.

5. Kawah Domas Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Kawah ini sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia sejak bertahun-tahun silam. Kawah di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat ini bisa Anda telusuri hingga turun ke dasar kawah. Di sini, Anda bisa mencoba merendam kaki sejenak atau merebus telur. Aroma belerang bercampur hawa sejuk pegunungan di tempat ini justru akan membawa banyak kenangan untuk Anda.

Masih ada banyak kawah cantik lainnya di tanah air yang layak dikunjungi. Anda juga pasti tertarik mendengar legenda-legenda yang beredar di seputar kawah-kawah ini. Maka, segera cek tiket pesawat murah ke Surabaya, sebagai salah satu awal penjelajahan Anda ke Kawah Ijen.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*