5 Hal Penting Saat Jogging Untuk Hasil Maksimal

tips jogging

Jogging merupakan olahraga murah yang memiliki beragam manfaat. Dengan melakukannya secara rutin maka kesehatan Anda akan terjaga sehingga Anda tidak perlu memanfaatkan asuransi kesehatan yang bagus untuk keperluan berobat. Akan tetapi, tahu nggak sih kalau ternyata Anda tidak boleh sembarangan saat melakukan olahraga ini. Sebab jika Anda melakukannya dengan cara yang salah, bukannya manfaat yang didapatkan melainkan masalah pada kesehatan Anda.

Tentunya Anda tidak mau dong mengalaminya? Nah, supaya Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga jogging ini sebaiknya perhatikan cara melakukan jogging yang benar berikut ini:

  • Lakukan Pemanasan

Jangan langsung melakukan jogging sebelum Anda melakukan pemanasan. Sebaiknya, lakukan pemanasan setidaknya 2 hingga 5 menit. Meskipun pada saat jogging otot bagian bawah yang akan aktif bekerja bukan berarti otot tubuh lainnya tidak perlu pemanasan. Lakukan peregangan otot seluruh tubging dengan berlari kecil terlebih dahulu.

  • Jangan menggunakan jaket

Banyak orang yang melakukan jogging dengan menggunakan jaket, khususnya untuk seseorang yang melakukan olahraga ini untuk menurunkan berat badan. Alasannya karena menggunakan jaket saat jogging membuat keringat yang keluar lebih banyak sehingga akan mempercepat proses penurunan berat badan. Padahal hal ini sangat berbahaya, loh. Keringat yang keluar memang banyak, namun hal ini berisiko membuat tubuh Anda mengalami dehidrasi. Jika hal ini berlangsung terus hingga tubuh kehilangan cairan dan suhu tubuh mencapai 40 derajat celcius, maka Anda bisa mengalami heat stroke.

  • Gunakan sepatu yang nyaman

Sebaiknya gunakan sepatu yang dikhususkan untuk berlari. Selain itu perhatikan kelenturannya dan pastikan bahwa bagian alas sepatu tidak licin untuk meminimalis risiko kecelakaan saat berjogging. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kaki Anda, tidak kekecilan namun jugaa tidak terlalu besar.

  • Postur tubuh

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu bahwa ternyata saat jogging Anda juga harus diperhatikan. Anda harus berlari dalam posisi kepala tegak untuk membantu melancarkan pernapasan, kepalkan tangan (jangan terlalu kencang), tekuk siku 90derajat dan ayunkan lengan ke depan dan belakang mengikuti irama kaki untuk menyeimbangkan tubuh, terakhir usahakan agar bagian depan kaki yang terlebih dahulu menyentuh tanah saat berlari agar Anda tidak cepat lelah.

  • Jangan memaksakan diri

Jika Anda belum lama membiasakan jogging, maka sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri. Mulailah jogging dalam waktu, jarak dan kecepatan yang tidak terlalu tinggi terlebih dahulu. Setelah terbiasa Anda bisa meningkatkannya secara perlahan.

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*