4 Tips Untuk Anak Susah Makan, Ini Tips-nya!

anak susah makan

Hampir dari sebagian anak-anak pernah melewati masa di mana susah untuk makan. Umumnya, kondisi ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab seperti pencernaan anak sedang terganggu, mengonsumsi makanan berat sebelum makan utama, anak terlalu banyak minum susu, dan suka mengemil makanan manis bukan cemilan sehat. Nah, jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, tentu saja bisa memengaruhi kesehatan anak sekaligus menghambat pertumbuhannya.

Oleh sebab itu, agar anak Bunda tidak susah lagi makan, maka cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut, check this out; (source; klikdokter)

  1. Variasikan menu makanan. Supaya anak Bunda mau makan, cobalah untuk memvariasikan menu makanan yang akan diberikan padanya. Misalkan, membuat makanan dengan bentuk dan warna yang lebih menarik, dengan begini tentu akan semakin meningkatkan keinginan anak untuk makan. Tidak hanya itu, Bunda pun bisa membuat makanan tersebut sesuai dengan pahlawan yang disukai, dijamin anak Bunda akan langsung mau memakannya. Namun, sedikit saran, untuk bahannya sendiri pilihlah bahan yang menyehatkan ya, Bun!
  2. Beri makan sedikit tapi sering. Karena anak memiliki pencernaan yang belum sempurna dibandingkan orang dewasa, maka berilah makan anak dengan porsi yang tidak terlalu banyak akan tetapi sering. Misalkan, Bunda memberi makan pagi, siang, sore, dan malam hari. Di waktu jam tanggung bisa memberinya cemilan sehat yang bagus untuk kesehatan tubuhnya. Dengan cara ini, tentu dapat menghindari terjadinya gangguan pencernaan pada tubuh anak sekaligus mencegah anak tidak menyukai makanan tersebut seumur hidupnya. Jangan lupa juga selipkan buah-buahan di sela waktu makannya agar ia tetap kenyang sekaligus tidur nyenyak di malam harinya. Ada beberapa buah yang bisa membantu tidur nyenyak, yang mungkin bisa Bunda coba.
  3. Ajak anak belanja dan membuat makanannya sendiri. Seperti yang sangat jelas kita ketahui, anak-anak memiliki keingintahuan tinggi terhadap segala sesuatu, termasuk memasak. Nah, bisa banget nih Bunda manfaatkan untuk mengajaknya berbelanja bahan makanan dan membuat makanannya sendiri di rumah. Dengan melakukan ini, maka anak pun akan semakin menikmati makanan yang dikonsumsinya.
  4. Buat makanan kesukaan anak. Agar semakin meningkatkan nafsu makan anak, maka Bunda sangat disarankan untuk membuat makanan kesukaannya. Akan tetapi, makanan tersebut tentu harus Bunda variasikan dengan makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi sehingga sangat bagus untuk kesehatan anak.

Itu beberapa tips yang bisa Bunda coba agar si kecil mau makan. Selamat mencoba, ya! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*