4 Tips Mengobati Kulit Merah Setelah Pulang Liburan

kulit terbakar

Setelah pulang liburan, satu hal yang paling terasa selain tubuh yang terasa lelah adalah perubahan warna kulit. Kulitmu akan terlihat lebih hitam dan juga memerah karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Tidak hanya itu, tak jarang kulitmu terasa perih dan juga panas. Tidak ingin dong merasakan hal-hal seperti ini setelah liburan? Yuk deh, tiru tips di bawah ini untuk mengurangi kulit yang memerah karena terpapar sinar matahari! Sebab kulit yang memerah saat liburan kan tidak dicover oleh asuransi perjalanan hehe.

  1. Lidah buaya. Sudah tahu dong kalau lidah buaya memiliki khasiat yang sangat beragam? Tidak hanya bisa dijadikan bahan makanan, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Nah, kalau kulit kamu merah-merah dan terasa panas, kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobatinya. Lidah buaya mengandung lidocaine yang mampu mengurangi rasa perih karena paparan sinar matahari. Bagaimana caranya? Ambil satu batang lidah buaya, potong-potong menjadi beberapa bagian kecil, lalu simpan di kulkas. Setelah dingin, oleskan lidah buaya ke area kulit yang terasa perih dan diamkan. Sensasi dinginnya dijamin bisa meredakan rasa perih pada kulitmu. Psst, jangan lupa dibilas ya!
  2. Punya sisa yogurt di rumah? Jangan buru-buru dimakan, ya. Hehe. Sebab ternyata yogurt juga ampuh dalam mengurangi merah-merah pada kulit. Tekstur yogurt yang agak kental ini ternyata mampu bertindak sebagai antiinflamasi dan juga pelembap. Cara pemakaiannya pun mudah saja, tinggal oleskan yogurt di area yang terbakar lalu diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Hasilnya, kulit yang terbakar akan mulai berkurang. Kamu bisa mengulangi pemakaian ini sampai kulitmu sembuh.
  3. Tidak disangka, mentimun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi lho. Jika kulitmu terbakar, kamu bisa meminta bantuan mentimun untuk meredakannya. Caranya adalah dengan mengiris mentimun menjadi potongan kecil, lalu taruh di atas kulit yang terbakar. Atau bisa juga dengan memblender mentimun sampai hancur lalu dioleskan pada kulit sebagai masker.
  4. Air dingin. Mau menyembuhkan kulit terbakar tanpa harus menggunakan bahan yang aneh-aneh? Kamu bisa lho menggunakan air dingin. Air dingin mampu meredakan sensasi panas di kulit sehingga sangat membantu ketika kulitmu terbakar. Caranya adalah dengan merendamkan kain lembut pada air dingin lalu dikompres perlahan pada kulit. Atau bisa juga dengan menyimpan handuk basah di dalam kulkas selama beberapa saat sebelum dioleskan di kulit.

Itu dia empat hal yang bisa membantumu menyembuhkan kulit terbakar sepulang traveling. Selamat mencoba dan semoga membantu ya 😀

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*