4 Tips Memperlancar ASI

ibu menyusui

Seperti yang kita ketahui, ASI memang penting untuk bayi. Pasalnya, rutin memberikan ASI ini dalam waktu yang cukup lama, maka dapat membantu meningkatkan IQ sang bayi. Tidak hanya itu, dengan memberi ASI ini pun bisa mempererat hubungan Ibu dan bayi sehingga terasa lebih harmonis. Meskipun demikian, sayangnya tidak semua Ibu bisa memiliki ASI yang melimpah, entah itu terkendala karena kesehatan maupun akibat jumlah produksi ASI yang memang terbilang sedikit. Untuk itu, penting bagi Ibu mengonsumsi susu ibu menyusui yang dapat membantu melancarkan ASI ini.

Selain itu, melakukan beberapa tips ini bisa membantu Ibu untuk mendapatkan jumlah ASI yang melimpah. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut ini seperti yang dirangkum melalui klikdokter.com:

  1. Sering menyusui. Cara paling jitu yang bisa memperlancar ASI ini adalah dengan cara sering-sering menyusui bayi. Biasanya, semakin sering Ibu menyusui, maka akan melepaskan banyak hormon prolaktin. Apabila ini terjadi, tentu saja secara otomatis akan membuat produksi ASI pun makin melimpah, bukan? Maka dari itu, Ibu sangat disarankan untuk melakukan hal ini.
  2. Tidak stress. Untuk memperoleh ASI yang melimpah, baiknya Ibu menghindari stress. Dipercaya, apabila Ibu diserang oleh stress ini pada saat menyusui, maka dapat mengakibatkan produksi ASI semakin berkurang. Parahnya lagi, jika stress yang Ibu alami sudah berlebihan, membuat ASI pun tidak bisa keluar dengan lancar.
  3. Cukupi istirahat. Agar ASI lancar, alangkah baiknya Ibu mencukupi waktu istirahat. Kekurangan waktu jam istirahat, dianggap dapat menyebabkan kelelahan, emosi menjadi tidak stabil, sering pusing, sekaligus mudah marah. Kondisi inilah yang bisa mengakibatkan berkurangnya produksi ASI pada masa menyusui.
  4. Tidak cemas. Mungkin, kebanyakan dari ibu menyusui yang baru pertama kali memberikan ASI pada anak, selalu berpikir bahwa kapasitas ASI yang diberikan kepada anak tidak sesuai dengan syarat sehingga memunculkan rasa cemas berlebih sehingga membuat produksi ASI pun makin berkurang. Padahal, cemas akan kondisi ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena apabila berat badan anak sudah sesuai dengan aturan maka itu berarti konsumsi ASI-nya baik-baik saja.

Itulah beberapa tips yang bisa Ibu lakukan apabila ingin memperlancar ASI. Selain mengetahui tips memperlancar ASI, perhatikan juga tips mudah simpan ASI agar tidak hilang manfaatnya. Sayang kan jika sudah memiliki ASI yang lancar namun tidak bisa bermanfaat maksimal karena salah saat menyimpan. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk Ibu! –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*