4 Tips Berinvestasi Saham Bagi Pemula

investasi saham

Ketika kalian ingin terjun ke dunia bisnis, alangkah baiknya terlebih dahulu kalian harus memahami betul semua seluk-beluk mengenai bisnis yang akan kalian geluti. Terlebih lagi, jika bisnis kalian berhubungan dengan investasi saham, dan harus bersaing dengan semua pebisnis yang sudah mumpuni di bidangnya, bahkan sudah masuk ke dalam kategori terbaik di Indonesia stock exchange. Tentu saja, kalian pun harus ekstra berhati-hati dalam mengambil tindakan, dan harus jeli memprediksi pangsa pasar apabila hendak mendapatkan keuntungan yang cukup banyak saat berinvestasi saham ini.

investasi sahamNamun, sebelum kalian benar-benar terjun di bisnis investasi saham ini, sebaiknya kalian harus mengetahui dulu beberapa cara terbaik untuk berinvestasi di bidang saham, supaya nantinya kalian bisa mendapatkan keuntungan lebih sesuai dengan yang diinginkan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Memulai dengan modal minimal. Bagi kalian yang belum mengerti dengan pasar saham, sangat disarankan sekali jika memulainya dengan modal yang sangat minimal di awal. Tujuannya, tentu saja jika kalian salah dalam memprediksi pasar saham ini, maka kalian pun tidak akan mengalami kerugian yang sangat banyak. Selain itu, kalian juga bisa belajar bagaimana proses berinvestasi sesungguhnya. Nah, apabila kalian sudah terbiasa dengan bisnis saham ini dan sudah mengerti, kalian bisa menambahkan modal sesuai dengan keinginan.
  2. Membeli saham yang memiliki fundamental baik. Agar nantinya kalian tidak mengalami kerugian, alangkah baiknya kalian memberli saham yang memiliki fundamental yang sangat baik seperti blue chip. Biasanya, perusahaan blue chip ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat, produk laku dijual di pasaran, tidak memiliki utang yang cukup banyak, dan mempunyai usaha yang sangat jelas. Sedikit saran, janganlah kalian pernah membeli saham yang menawarkan harga murah, akan tetapi bisnisnya tidak dikenal masyarakat dan meninggalkan utang yang sangat banyak. Bukannya mendapatkan keuntungan, yang ada malah kalian harus mengalami kerugian yang sangat besar.
  3. Belajar dalam melakukan analisis saham. Penting bagi kalian untuk belajar dalam melakukan analisis saham. Kenapa? Yup, jika kalian sudah mengetahui cara analisis saham ini, maka kalian pun dengan mudahnya mampu memutuskan apakah saham tersebut harus dijual atau dibeli. Namun, terdapat dua cara yang bisa kalian jadikan acuan, dimana ada analisis teknikal yang bisa dipelajari dari buku, dan analisis fundamental untuk mengetahui semua analisis saham.
  4. Berinvestasi jangka panjang. Untuk bisa mendapatkan keuntungan lebih, kalian seharusnya memfokuskan diri untuk berinvestasi jangka panjang. Disebabkan oleh, semakin lama investasi maka pangsa pasar saham pun semakin meningkat. Hal inilah nantinya yang akan membuat kalian bisa memperoleh banyak keuntungan.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk berinvestasi saham? Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*