4 Manfaat Tebu untuk Kesehatan

manfaat tebu untuk kesehatan

Tebu merupakan sejenis tanaman yang masuk ke dalam kategori rerumputan dan ditanam sebagai bahan baku untuk pembuatan vetsin maupun gula. Tanaman ini biasanya hanya bisa ditanam di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Meskipun begitu, tahukah Anda, jika air perasan dengan warna kuning kehijauan yang terdapat di dalam tebu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, sama halnya dengan ekstrak kulit manggis yang memiliki sejuta khasiat bagi tubuh?

Sebagian dari Anda mungkin sudah tahu akan kebenaran ini, namun bagi yang tidak mengetahuinya maka di bawah ini akan diulas sedikit manfaat air tebu tersebut, adapun diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan kulit. Ingin mempercantik kulit wajah tanpa perlu mendatangi dokter kulit? Maka, rutinlah untuk mengonsumsi perasan air tebu. Ini dianjurkan karena air tebu sendiri mengandung asam glikolat yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Di samping itu, air tebu tersebut juga bisa mencegah penuaan dini, membersihkan infeksi kulit, serta memperbaiki tampilan kulit.
  2. Memperkuat tulang. Rutin mengonsumsi air tebu bisa memperkuat pembentukan tulang di dalam tubuh Anda. Benar, kah? Yap, ini memang benar adanya, karena air tebu mengandung kalium, magnesium, kalsium, zat besi, dan mangan yang cukup tinggi. Jika tulang sudah kuat, tentu Osteoporosis tidak akan menghampiri diri Anda. Osteoporosis sendiri merupakan salah satu penyakit akibat dari terjadinya pengeroposan pada tulang.
  3. Mengurangi stres. Anda sering mengalami stres? Cobalah untuk rutin mengonsumsi air tebu. Hal ini karena di dalam air tebu tersimpan kandungan asam amino yang memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar hormon stres di dalam tubuh. Tidak hanya itu, asam amino pada tebu ini pun dapat pula mengatasi gangguan tidur, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak daripada biasanya.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air tebu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, kedua kandungan ini pun bisa mengcegah munculnya penyakit kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat yang diberikan oleh perasan air tebu untuk kesehatan tubuh. –SH–

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*