3 Tips Memilih Pintu Kayu yang Berkualitas

jenis kusen pintu

Meskipun kini pintu UPVC tengah populer digunakan pada rumah minimalis, tak jarang juga orang yang lebih memilih untuk menggunakan pintu kayu. Meskipun tidak disarankan untuk pintu kamar mandi, pintu kayu memberikan kesan yang elegan dan berkelas dalam rumah. Meski demikian, belum banyak yang tahu cara memilih pintu kayu yang sesuai dengan rumah, sehingga pada akhirnya mereka menyesal telah memilih pintu kayu. Padahal, asalkan memilih pintu kayu yang tepat dan tahu cara merawatnya, pintu kayu bisa tahan dalam waktu yang lama.

Nah, supaya lebih tahu, mari kita simak beberapa tips memilih pintu kayu berikut ini:

  • Pilih jenis kayu yang berkualitas

Yang pertama dan utama tentunya harus mempertimbangkan jenis kayu yang digunakan untuk pintu. Terdapat berbagai macam jenis kayu yang berkualitas seperti kayu merbau, kayu besi, atau kayu bayam (asal Makassar). Namun jika Anda menginginkan pintu yang kokoh, awet dan tahan terhadap rayap, kayu merbau bisa jadi pilihan.

  • Perhatikan tekstur kayu

Bukan hanya jenis kayu tapi tekstur kayunya juga harus Anda perhatikan. Sebenarnya pemilihan tekstur ini bisa Anda percayakan pada ahli yang membuat pintu. Namun jika Anda ingin memeriksanya sendiri, sebaiknya pilihlah kayu dengan tekstur keras dan memiliki warna merah kecoklatan. Meskipun bukan merupakan ciri-ciri pasti tapi biasanya kayu dengan kriteria ini memiliki kualitas yang bagus.

  • Jangan gunakan kayu yang belang

Selain itu, pastikan kayu yang akan digunakan sebagai bahan dasar pintu memiliki warna yang rata dan tidak belang. Hal ini penting untuk diperhatikan karena bukan hanya memengaruhi tampilan tapi juga bisa mengurangi kualitas pintu tersebut. Sebab biasanya pintu yang memiliki belang berwarna putih akan cepat lapuk dan menjadi sasaran rayap.

Setelah memilih pintu kayu yang tepat, jangan lupa untuk merawat pintu kayu dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Rutin membersihkan dari debu
  • Memoles kusen pintu dengan cairan minyak
  • Lakuan pengecatan ulang agar kusen pintu tetap terlihat megkilap
  • Berikan serbuk anti rayap

Nah itu dia yang bisa Anda lakukan sebelum dan setelah memasang pintu kayu. Semoga bermanfaat! (Rima)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*