3 Panduan Makan untuk Kontrol Kolesterol

kontrol kolesterol

Ada banyak cara menurunkan kolesterol secara alami yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan. Hanya saja, masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa menjaga pola makan berarti tidak boleh memakan makanan yang enak. Padahal sebetulnya tidak seperti itu, lho. Kita tetap bisa kok memakan makanan yang enak dan juga lezat, asal tahu panduannya. Dengan memerhatikan bahan makanan, cara pengolahan, serta porsi dan waktu makan, kita bisa mengontrol kolesterol sambil tetap menikmati makanan. Berikut detailnya:

  1. Bahan makanan. Bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengendalikan kadar kolesterol ada banyak macamnya. Salah satunya adalah ikan laut dan sayuran hijau. Ikan laut seperti salmon, tuna, dan sardin merupakan ikan yang mengandung omega tiga sehingga bisa meningkatkan kadar HDL dalam tubuh. Sementara itu, sayuran hijau mengandung nutrisi yang membantu mengontrol kolesterol. Jangan lupa juga imbangi dengan roti, gandum, dan nasi merah sebagai sumber karbohidrat utama.
  2. Ketahui cara pengolahan. Salah satu cara mengolah yang tidak baik dan bisa menaikkan kolesterol adalah dengan cara menggorengnya. Yap, makanan-makanan yang digoreng punya risiko tinggi untuk menaikkan kolesterol. Oleh sebab itu, cara pengolahan makanan yang disarankan adalah dengan cara direbus, dikukus, atau bahkan dipanggang. Misalnya saja ikan, yang dimasak dengan cara dibakar, lalu dimakan dengan nasi merah dan sayuran rebus. Nikmat, sehat, kolesterol pun terjaga. Makanan tidak selamanya harus digoreng kok agar terasa enak. Kurangi juga penggunaan garamnya, ya.
  3. Porsi dan waktu makan. Bahan makanan sudah ditentukan, cara pengolahan sudah ditentukan, kini saatnya mengatur porsi dan waktu makan. Untuk porsi, biasakan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar kita tak perlu memakan nasi terlalu banyak. Mengapa? Sebab meskipun makanan yang disantap sehat, jika dikonsumsi terlalu banyak juga bisa menumpuk menjadi lemak berlebih. Untuk waktu makan, makanlah di waktu yang tepat yakni ketika sarapan, makan siang, dan juga makan malam.

Itu dia panduan menikmati makanan enak yang dapat membantu mencegah serta menurunkan kolesterol secara alami tanpa perlu khawatir dengan kolesterol. Selamat mencoba!

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*