3 Hal Penting Cara Mencuci Baju Bayi

cuci-baju-bayi

Apa perlu cara yang berbeda ketika mencuci baju? Jawabannya sangat perlu. Ibu harus tahu jika kulit bayi itu masih sangat sensitif. Jika baju tidak benar-benar dicuci dengan baik, bukan tidak mungkin baju akan membuat kulit bayi bermasalah.

cuci-baju-bayiTerlalu berlebihan ya? Tidak juga. Karena masalah kulit bayi seperti alergi sering disebabkan oleh baju yang dikenakan. Baju tidak benar-benar lembut dan bersih lantaran baju bayi tersebut tidak dicuci dengan baik.
Lalu, bagaimana cara mencuci baju bayi yang betul? Ada banyak langkahnya. Namun, 3 hal ini harus ibu lakukan.

  1. Mencuci Dengan Tangan

Mungkin ibu sudah memiliki mesin cuci di rumah. Akan tetapi, tidak begitu disarankan baju bayi dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Memang sekarang ada mesin cuci yang bisa di setting untuk mencuci baju bayi. Akan tetapi, apakah ibu yakin dengan menggunakan mesin cuci baju bayi benar-benar bersih?

Baju bayi kelihatannya tidak begitu kotor. Apalagi jika ia baru mengkonsumsi ASI saja. Namun, ibu harus tahu noda ASI yang tumpah itu sulit dihilangkan lho. Putaran mesin cuci saja sepertinya belum bisa membersihkan baju bayi.

Apalagi jika putaran mesin cuci yang ibu pakai tidak lembut. Baju bayi tidak hanya tidak benar-benar bersih tapi juga seratnya rusak. Oleh sebab itu, akan lebih aman jika ibu mencuci baju bayi secara manual saja, yaitu mencuci baju bayi dengan tangan.

2. Perhatikan Suhu Air

Sebenarnya baju bayi itu tidak perlu direndam dalam kurun waktu yang lama. Bahkan, tidak masalah jika ibu tidak merendam baju bayi tersebut jika kotoran belum mengering pada baju tersebut. Dalam hal ini, sangat disarankan agar menggunakan air yang hangat. Air dengan suhu 30 – 40 derajat celsius akan membunuh bakteri yang mungkin menempel pada baju.

Namun, jika tidak memungkinan, ibu tetap bisa menggunakan air dengan suhu normal. Hanya saja, ibu harus pastikan bakteri yang menempel pada baju benar-benar sudah dihilangkan.

3. Gunakan Deterjen Khusus

Kebanyakan deterjen yang dijual di pasaran itu membuat tangan ibu panas, bukan? Dan itulah mengapa kebanyakan baju itu cepat rusak. Seratnya putus dan akibatnya kain baju menjadi tipis. Sebaiknya ibu menggunakan deterjen khusus bayi saja akibat serat kain tidak mengering. Hal ini dikarenakan serat baju yang kering akan membuat baju terasa kasar. Hal ini tentu akan membahayakan kulit bayi yang masih sangat lembut.

Jadi, apakah ibu selama ini sudah menerapkan cara mencuci baju bayi dengan benar?

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterPin on Pinterest0Share on LinkedIn0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*